Friday 6 March 2015

Proses Fermentasi dalam Kehidupan Tumbuhan

Proses kimia fotosintesis
Fotosintesis berasal dari kata foton yang artinya cahaya dan sintesis yang artinya penyusunan. Jadi, fotosintesis adalah proses penyusunan bahan organik (karbohidrat ) dari H2O dan CO2 dengan bantuan energi cahaya. Proses ini hanya terjadi pada tumbuhan yang mempunyai klorofil, yaitu pigmen yang berfungsi sebagai penangkap energi cahaya matahari. Jadi, fotosintesis merupakan transformasi energi dan energi cahaya matahari ditangkap dan diubah menjadi energi kimia yang terikat dalam molekul karbohidrat.
            Energi matahari yang ditangkap oleh proses fotosintesis lebih dari 90% merupakan sumber energi yang dipakai oleh manusia untuk pemanasan, cahaya, dan tenaga. Batubara, gas bumi, dan minyak bumi adalah sumber energi yang berasal dari hasil perombakan bahan alami hayati oleh adanya jasad berfotosintesis dalam waktu  jutaan tahun yang silam.


Tempat Berlangsungnya Fotosintesis
        Pada tumbuhan proses fotosintesis pada umumnya berlangsung dalam organel khusus yang disebut plastid. Tumbuhan hijau termasuk jasad bersel satu seperti ganggang dan Euglena, mengandung senyawa klorofil didalam plastidnya. Organel ini disebut kloroplas. Jenis jasad yang berbeda mempunyai jumlah, bentuk, dan ukuran kloroplas yang berbeda pula.
Pigmen Fotosintesis
Pada umumnya sel fotosintesis mengandung satu atau lebih pigmen klorofil yang berwarna hijau. Berbagai sel fotosintesis lainnya seperti ganggang dan bakteri, berwarna coklat ,merah atau ungu. Hal itu disebabkan karena ada pigmen pelengkap seperti karotenoid dan fikobilin.
            Pada tumbuhan tingkat tinggi terdapat dua macam klorofil, yaitu klorofil-a yaitu suatu senyawa kompleks yang berwarna hijau, dan klorofil-b yang berwarna hijau tua. Sedangkan karotenoid adalah suatu molekul poliisoprenoid panjang yang mengandung ikatan rangkap, berwarna kuning sampai jingga. Fikobilin adalah pigmen pelengkap yang terdapat dalam ganggang merah dan ganggang biru, tapi tidak ada pada tumbuhan tingkat tinggi. Proses reaksi fotosintesis dalam tumbuhan tingkat tinggi dibagi dalam dua tahap, yaitu  reaksi gelap dan reaksi terang yang akan kita bahas berikutnya




0 komentar:

Post a Comment